KONSEP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: PERSPEKTIF KOMUNIKASI & HUKUM BISNIS ISLAM

Autor(s): Nurul Islam, Ardiansyah Ardiansyah

Sari

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengurai konsep Corporate Social Responsibility dengan menggunakan perspektif Komunikasi dan Hukum Bisnis Islam. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi dokumen atas sumber-sumber referensi.Konsep CSR merupakan konsep yang membangun keuntungan secara berkesinambungan antara perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan (planet), dengan memperhatikan etika dalam aktivitas bisnis perusahaan pada Quran. Konsepsi ini dirancang dengan menggunakan strategi komunikasi yang efektif dengan tujuan membangun pemahaman masyarakat bahwa CSR sebagai pesan membangun kesejahteraan masyarakat (people) dan lingkungan (planet) dengan dasar etika bisnis, bukan hanya urusan profit semata. Kedua, sebagai bagian pemenuhan implementasi perundang-undangan pada UU Perseroan Terbatas, dan UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH).

Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial, Image, Komunikasi, Bisnis Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ambadar, Jackie. CSR Dalam Praktik Di Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.

Ardiansyah, Ardiansyah. KONSEP COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Al-Adl 12, no. 1 (2019): 117134.

Budimanta, Arif, A Prasetijo, and B Rudito. Corporate Social Responsibility: Alternatif Bagi Pembangunan Indonesia. Jakarta: ICSD, 2008.

Hidayat, Ali Akhmad Noor. KLHK Ungkap Penyebab 59 Persen Sungai Di Indonesia Tercemar Berat. Tempo. Last modified July 28, 2021. Accessed February 22, 2022. https://bisnis.tempo.co/read/1488232/klhk-ungkap-penyebab-59-persen-sungai-di-indonesia-tercemar-berat.

Jackson, Ira and Jane Nelson. Profit with Principle: Seven Strategies for Delivering Value with Values. New York, 2004.

Kotler, Philip, and Nance Lee. Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good for Your Company and Your Cause. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., 2005.

Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss. Theories of Human Communication. 11th ed. Belmont, CA: Wadsworth/ Thomson, 2017.

Low, Nicholas and Brendan Gleeson. Politik Hijau; Kritik Terhadap Politik Konvensional Menuju Politik Berwawasan Lingkungan Dan Keadilan. Bandung: Nusa Media, 2009.

Mayanti, Yuni, and Rani Putri Kusuma Dewi. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Bisnis Islam. Journal of Applied Islamic Economics and Finance 1, no. 3 (2021): 651660.

Satrianegara, Rivi. Citarum Dicemari Limbah Industri 349.000 Ton Setiap Hari. CNBC Indonesia. Accessed February 22, 2022. https://www.cnbcindonesia.com/news/20180406133932-4-9961/citarum-dicemari-limbah-industri-349000-ton-setiap-hari.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukananda, Satria. Konsep Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Melalui Pendekatan Filsafat Hukum Islam. Lex Renaissance 4, no. 2 (2019): 386409.

Susanto, AB. Corporate Social Responsibility: A Strategic Management Approach. Jakarta: The Jakarta Consulting Group, 2007.

Untung, Hendrik Budi. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

UU No.32. Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, 2009.

UU. No.40. Perseroan Terbatas, 2007.

Wahyudi, Isa and Busyra Azheri. Corporate Social Responsbility: Prinsip, Pengaturan Dan Implementasi. Malang: In-Trans Publishing, 2008.

Widjaja, Gunawan. 150 Tanya Jawab Tentang Perseroan Terbatas. Jakarta: Forum Sahabat, 2008.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.