PERLINDUNGAN HUKUM HAK PEREMPUAN TERHADAP TES KEPERAWANAN BAGI CALON ISTRI ANGGOTA TNI MENURUT HAM DAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG HAM NOMOR 39 TAHUN 1999

Autor(s): Listya Ayu Lestari, Jenny Khusnul Khotimah, Nur Fitriana

Sari

Pernikahan adalah janji suci sebagai gerbang memasuki kehidupan berkeluarga untuk memenuhi separuh iman. Dalam pernikahan ada syarat harus ditempuhnya salah satunya di pernikahan lingkup TNI ada beberapa syarat dan prosedurnya termasuk terdapat adanya tes keperawanan bagi calon istri anggota TNI. Keberadaan atau praktik tes keperawanan ini menjadikan suatu permasalahan yang bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia berupa pelanggaran atas Hak Pribadi dan diskriminasi bagi seorang perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Perlindungan Hukum Terhadap Hak Perempuan Pada Tes Keperawanan Pada Calon Istri TNI Pada Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia Serta latar belakang terhadap pembuatan peraturan perundang-undangan apakah sudah memenuhi aspek-aspek konsep dalam pembuatan perundang-undangan atau peraturan yang di Indonesia Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis normatif serta Pendekatan hukumnya berupa perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tes keperawanan melanggar hak asasi manusia, terdapat pada Pasal 1 Ayat 1 yang seharusnya hak asasi manusia itu wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, serta adanya bentuk diskriminasi kepada perempuan dan pembentukan Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/11/VII/2007 tanggal 4 Juli 2007 yang tidak memenuhi unsur-unsur konsep pembuatan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum; Keperawanan; Hak Asasi Manusia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Buku-Buku

Abdullah, Rozali. Perkembangan HAM Dan Keberadaan Peradilan HAM Di Indonesia, 2004

Ghazaly, H. Abdul Rahman. Fiqh Munakahat. Prenada Media, 2019.

Harjono. Konstitusi Sebagai Rumah Bangsa. Sekretariat Jenderal Dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi., 2008.

Iqbal, Muhammad. Psikologi Pernikahan: Menyelami Rahasia Pernikahan. Gema Insani, 2020.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, ARTI KATA PERLINDUNGAN, n.d. https://kbbi.web.od/.

Krisnalita, Louisa Yesami. Perempuan, HAM Dan Permasalahannya Di Indonesia. Binamulia Hukum 7, no. 1 (2018): 7181.

Sulistiani, Siska Lis. Kedudukan Hukum Anak Hasil Perkawinan Beda Agama Menurut Hukum Positif Dan Hukum Islam. Refika Aditama, 2015.

Supardjaja, Komariah Emong. Laporan Akhir Kompendium Tentang Hak-Hak Perempuan. Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional Departemen Hukum Dan HAM, 2006

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia

Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 1975 Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974

Sumber Lain

Abd Al-Rahman al-Jazairi, Fiqh ala Madzahib al-Arbaah, Juz 4 (Beirut: Dar al-Kutub alIlmiyah, tt), 8-10

Amalia, Syarah. Tes Keperawanan Bagi Calon Istri Anggota TNI Ditinjau Dari Al-Maslahah Al-Mursalah Dan Undang-Undang Hak Asasi Manusia Nomor 39 Tahun 1999. SAKINA: Journal of Family Studies 2, no. 2 (2018).

Asshiddiqie, Jimly. Hak Konstitusional Perempuan Dan Tantangan Penegakannya, Jimly. Com/Makalah. 8/HAK_KONSTITUSIONAL_PEREMPUAN. Doc, 2013.

Muchsin, M. Perlindungan Dan Kepastian Hukum Bagi Investor Di Indonesia. Universitas Sebelas Maret, 2003.

Prantiasih, Arbaiyah. Hak Asasi Perempuan, Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Th. 25, Nomor 1, 2012.

Slamet, Mugi. Hubungan Antara Nilai Keperawanan (Virginity Value) Dengan Perilaku Seksual Pranikah Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 4, no. 2 (2016).

Sri Wiyanti Eddyono, Hak Asasi Perempuan Dan Konvensi Internasional Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan (CEDAW), h. 10 Eddyono.Files.Wordpress.Com/.../Cedaw-Kertas-Kerja- El... - Google Search. Accessed March 8, 2022. https://www.google.com/search?q=Sri+Wiyanti+Eddyono%2C+Hak+Asasi+Perempuan+dan+Konvensi+Internasional+Penghapusan+Segala+Bentuk+Diskriminasi+Terhadap+Perempuan+(CEDAW)%2C+h.+10+eddyono.files.wordpress.com%2F...%2Fcedaw-kertas-kerja-+el...&oq=Sri+Wiyanti+Eddyono%2C+Hak+Asasi+Perempuan+dan+Konvensi+Internasional+Penghapusan+Segala+Bentuk+Diskriminasi+Terhadap+Perempuan+(CEDAW)%2C+h.+10+eddyono.files.wordpress.com%2F...%2Fcedaw-kertas-kerja-+el...&aqs=chrome..69i57j69i60.531j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.