ANALISIS HUKUM TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG NFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK MENGENAI TINDAK PIDANA CHEAT ATAU HACKING DALAM SISTEM GAME ONLINE

Autor(s): Pandu Rachmatullah, Kurnia Isti Ayu Dita, Abdi Wira Surya Cendekia

Sari

Permainan Daring(Game online) adalah jenis permainan. Dalam game online selalu ada seseorang yang melakukan kecurangan saat bermain. Dengan adanya pemain yang melakukan kecurangan dalam permainan dan kompetisi turnamen game online, maka pemain tersebut bisa sangat mudah untuk memenangkan sebuah turnamen. Jika pemain tu bisa dengan mudah memenangkan sebuah turnamen, maka dia bisa merugikan pemain yang lainnya serta merugikan orang yang membuat sebuah turnamen, atau bahkan bisa merugikan perusahaan game online tersebut. Selanjutnya tujuan Penelitian ni untuk mengetahui bagaimana mplementasi Hukum Terhadap Tindak Pidana Cheat atau Hacking Dalam Sistem Game Online Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang nformasi Dan Transaksi Elektronik. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ni adalah yuridis normative oleh karena sasaran penelitian ni mengacu pada kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder belaka. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, mengenai mplementasi Hukum Tentang Tindak Pidana Cheat atau Hacking Dalam Sistem Game Online Menurut Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang nformasi dan Transaksi Elektronik, sebenarnya telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang nformasi dan Transaksi Elektronik. Namun mplementasi dari peraturan tersebut belum secara tegas dapat terlaksana dengan baik mengingat masih banyaknya cheater yang melakukan tindak cheat atau hacking.

Kata Kunci: Game Online, Hacking, Tindak Pidana.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR SI

A. Buku

Daulay, khsan Rosyada Parluhutan. Mahkamah Konstiitusi: Memahami Keberadaannya Dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia, 2006.

Eddy, O. S. Hiariej. Prinsip-Prinsip Hukum Pidana. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka, 2014.

Hadjon, Philipus M. Perlindungan Hukum Bagi Rakyat Di Indonesia: Sebuah Situdi Tentang Prinsip-Prinsipnya, Penanganannya Oleh Pengadilan Dalam Lingkungan Peradilan Umum Dan Pembenitukan Peradilan Administrasi Negara. Bina lmu, 1987.

Jimly, Asshiddiqie, and Ali M Safaat. Teori Hans Kelsen Tentang Hukum. Jakarta: Konpres, 2012.

Muhammad, Abdulkadir. Hukum Pengangkutan Niaga. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2013.

Prasetyo, Teguh. Hukum Pidana. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Purwoleksono Endro, Didik. Hukum Pidana. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan (AUP), 2016.

Rahardjo, Satjipto. lmu Hukum. Bandung: Alumni, 1986.

Tim Redaksi, B. . P. Undang-Undang informasi Dan Transaksi Elektronik. Jakarta: Bhuana lmu Populer, 2017.

B. Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah memberikan definisi mengenai kemitraan

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan.

C. Sumber Lain

Abdullah Suryawan, Andi. Tindak Pidana Hacking (Meretas) Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Hasanuddin, 2011.

Himpunan Mahasiswa Teknik nformatika. Haruskah Fiitur-Fiitur Dalam Game Dikorbankan Demi Multiplayer? Accessed August 4, 2022. https://situdent-activity.binus.ac.id/himti/2019/08/26/haruskah-fiitur-fiitur-dalam-game-dikorbankan-demi-multiplayer/.

Prastyanti, Rina Arum. Evaluasi Efektivitas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik Dalam Pelaksanaan E Commercee. DutaCom 5 (2013).

Tribunpontianak.co.id. PUBG Mobile Darurat Cheater - Heboh Cheat Suntik hingga Saitu si Pesawat Dibuat Ngeframe Parah. Accessed August 4, 2022. https://pontianak.tribunnews.com/2020/10/01/pubg-mobile-darurat-cheater-heboh-cheat-suntik-hingga-saitu-isi-pesawat-dibuat-ngeframe-parah.

Sunarso, Siswanto. Hukum Informasi Dan Transaksi Elektronik: Situdi Kasus: Prita Mulyasari, 2009.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.